Sabtu, 13 November 2010

JUALAN C E W E K

Mendengar kata diatas pasti untuk yang laki-laki akan tergoda, tapi disini yang ini disampaikan yaitu jualan Combro, Empek”, Wedang JahE, puKis ( C E W E K ) dan lain lain. Memang namanya aneh tapi mungkin dengan keanehannya orang akan tertarik akan hal tersebut. Untuk lebih lanjut akan menjelaskan untuk perencanaan penjualan C E W E K.

Perencanaan

Kadang kala mulut suka latah akan jajanan pasar, akan tetapi binggung mau beli dimana. Mau nyari tapi males keluar maka inilah solusinya. Membuat jajanan pasar yang dapat dipesan setiap saat, tidak hanya ayam goreng atau yang lainnya. Melihat mangsa pasar tersebut, maka penulis mempunyai ide untuk membuat makanan tersebut dan dapat dipesan. Harga jual yang cukup bersaing dengan yang sudah ada.

Produksi

Pembuatan kue dilakukkan tergantung dari jenis makanan, bahan serta bahan yang akan dibuat. Proses pembuatan kue tersebut dapat dilakukkan setiap hari dan menghasilkan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Pembuatan tersebut sebaiknya ditambahkan bumbu rahasia yang orang lain tidak tahu supaya dapat laris dipasaran. Produksi juga bergantung pada banyaknya jumlah karyawan yang bekerja saat itu.

Modal Awal

Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar mungkin dari modal 1jt – 10 jt, tergantung dari berapa besar usaha yang mau dikembangkan serta modal yang ada. Modal tersebut hanya untuk alat dan bahan yang akan digunakan. Sedangkan karyawan dapat dihitung kembali.

Distribusi Pengiriman

Untuk pengiriman dibagi menjadi 2 yaitu

  • COD (Cash On Delivery)
COD dapat dilakukkan untuk area tertentu yang dapat dijangkau oleh penjual. Yaitu dengan menelpon ke HOTLINE yang tersedia
  • PEMESANAN
Pemesanan untuk acara seperti arisan, undangan sunatan, dan lain sebagainya, dapat melalui via email supaya dapat dipersiapkan lebih baik lagi. Serta dapat dikirim dan diterima konsumen tepat waktu.

Keuntungan

Hasil penjualan per satuan kue berkisar Rp 200 – Rp 500 jika penjualan perhari dapat laku 1000 kue dari semua kue yang tersedia maka keuntungan yang cukup menggiurkan. Keuntungan tersebut belum termasuk untuk membayar gaji karyawan.

Mungkin ini hanya impian penulis, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar